APH Diminta Lidik Pengadaan Anggaran Personal PC interaktif Flat flanel Dinas Pendidikan Soppeng



Realitas.Info, SOPPENG - Dinas Pendidikan Kabupaten Soppeng dikabarkan menganggarkan dana sebesar Rp2,9 miliar rupiah untuk pengadaan belanja modal personal komputer PC unit interaktif Flat flanel media pembelajaran digital. 

Anggaran tersebut menjadi perhatian LSM Gempak karena diketahui,  nilai per unit mencapai Rp. 111 juta rupiah .


Ketua LSM Gempak Adiansyah mengatakan, pengadaan interaktif Flat flanel media pembelajaran digital Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng diduga melakukan penggelembungan harga, dimana nilainya tidak masuk akal.


"Ini kami duga ada permainan antara penyedia dangan Dinas Pendidikan, karena di market plase harganya hanya sekitar 37jt," ujarnya 


Dirinya menjelaskan, di market place banyak yang lebih murah, bahkan harga yang di tawarkan berkisar 37 jt untuk 75 inci selain itu, di e-katalog sendiri ada yang menyediakan yang lebih murah.


" Harga penyedia di e-katalog PC interaktif  flat Flanel ukuran 65 inci seharga 85 juta, dimana Dua merek yang di temukan yakni LIBERA INTERACTIVE FLAT PANEL LBR65SCM, LIBERA SMARTBOARD INTERACTIVE FLAT PANEL LBR65, sama yang di beli Dinas Pendidikan," jelasnya


LSM Gempak meminta pihak terkait untuk memeriksa keabsahan harga barang tersebut yang dianggap tidak wajar. Mereka menyatakan bahwa hal ini merupakan peluang bagi Aparat Penegak Hukum (APH) untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. 


" Kami minta APH menindak lanjuti temuan tersebut, kami LSM Gempak juga menegaskan akan terus memantau perkembangan dan investigasi yang dilakukan oleh pihak APH hingga kasus ini terkuak," tegas Adiansyah (*)


Topik Terkait

Baca Juga :